Zona Abu-Abu

Posted by on May 17, 2012 in Wirausaha | 0 comments

Teman, dalam bisnis terkadang ada yang namanya zona abu-abu. Kita menyadari akan adanya zona abu-abu tersebut, tetapi sulit untuk melepaskannya.

Apa zona abu-abu itu ?

Adalah zona di mana ketidakjujuran ada di dalamnya. Contohnya : main suap supaya urusan cepat selesai, ukuran timbangan dibesar-besarkan, menggunakan bahan produksi yang membahayakan tubuh manusia, dlsb. Intinya : just to get high profit, cara apapun akan dilakukan termasuk yang abu-abu seperti ini.

Karena termotivasi ingin cepat kaya, maka siapapun bisa menghalalkan segala cara. Cara apapun akan ditempuh supaya cepat kaya, cepat naik jabatan dll. Dan sampai kapanpun tidak akan pernah merasa puas karena selalu merasa kekurangan dan haus akan harta benda dan jabatan.

Malam hari ini saya melihat sebuah film di bioskop yang berjudul “5 Days War”. Film ini menceritakan tentang beberapa orang wartawan perang yang tengah meliput perang antara rusia dan georgia. Ada satu hal yang menyeletuk saya adalah ketika seorang wartawan tertangkap dan dihadapkan dengan komandan dari tentara bayaran. Saat itu mereka berdua sedang bermain catur, dan si komandan menceritakan detail kehidupan sang wartawan, mulai si wartawan yang mengubur keluarganya dll.

Apa relevansi kisah itu dengan zona abu-abu ?

Kita tahu bahwa suatu saat nanti akan ada sebuah pengadilan terakhir dimana semua hal yang kita lakukan akan terkuak semuanya dan tidak bisa ditutup-tutupi. Semua perbuatan kita akan ditampilkan dalam sebuah layar, dan kita akan menyesali semua perbuatan yang tidak layak dan tidak pantas untuk kita lakukan. Termasuk perbuatan di zona abu-abu! Kita meratap, menangis, kenapa harus terjadi hal seperti itu.

Waktunya belum terlambat untuk berubah. Kita masih diberi kesempatan saat ini bukan untuk disia-siakan. Sadarkah bahwa ada mata di sekeliling kita yang selalu merekam perbuatan kita?

Sejak kapan kita belajar untuk berbohong? Yupz betul… sejak saat kecil kita sudah belajar berbohong. Belajar untuk mencontek dan membuka catatan kecil saat ujian. Hal inilah biang dari korupsi di segala bidang.

Memang tidak ada manusia yang sempurna. Setiap hari kita selalu jatuh dan bangun dalam perbuatan hina. Tapi kita bisa melatih diri kita untuk terbiasa hidup dalam kejujuran. Tentunya tidak instant, tapi step by step mulai dibenahi dari sekarang. Intropeksi diri.

Kita semua pasti mau kan ketika slide kehidupan kita nanti saat diputar semuanya indah ? Maka berjalanlah di jalan yang lurus. Jalan yang tidak bengkok. Jalan di mana kejujuran dan integritas dijunjung tinggi.

613 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *